Selamat Datang di Blog Mindset Guru (BMG) Langkah kecil Membangun Impian "Menjadi Guru" Indonesia Siap laga

Jumat, 19 Agustus 2011

Guru: Profesi dan Tanggung jawab

Mengawali posting pertama ini saya ingin menyampaikan sebuah deskripsi singkat tentang Guru sebagai sebuah profesi dan tanggung jawab. Kenapa saya menyampaikan hal ini ? Ada 3 alasan yang bisa saya sampaikan.


Pertama,  banyak orang yang berprofesi sebagi guru tetapi tidak memiliki peran dan tanggung jawab sebagaimana layaknya seorang guru. Kedua, banyak orang yang mengambil pekerjaan sebagai guru tetapi dia tidak menjadikan pekerjaaan sebagai guru adalah pilihannya. Ketiga, bayak orang yang memilih pekerjaan sebagai guru tetapi tidak membuatnya mahir dan ahli dalam memegang tangung jawabnya sebagai guru.

Barangkali tiga hal itu yang membuat saya terdorong untuk  membuat postingan di blog ini dengan judul di atas.  Bagi saya ini adalah bukan ajang menggurui orang lain, mengajari orang lain atau dalam istilah pribahasa sundanya "Ngajar ngojay ka meri". Kalau mu dikata mungkin ini evaluasi diri. Siapa pun kita yang sudah terjun di dunia pendidikan dan menjadi seorang guru sangat penting menyadari kembali perannya dalam "memanusiakan manusia".

Guru sebagai profesi
Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian tertentu. Keahlian dalam hal ini adalah keterampilan, kejuruan dan lain sebagainya.

Profesi adalah suatu pekerjaan yang dikerjakan sebagai sarana untuk mencari nafkah hidup sekaligus sebagai sarana untuk mengabdi kepada kepentingan orang lain (orang banyaik) yang harus diirini dengan keahlian, keterampiilan, profesionalisme dan tanggungjawab.

Schenin, E.H. sebagaimana dikutif oleh cara pedia (dot) com menjelaskan bahwa : Professi adalah suatu kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat.

Bisa disimpulkan bahwa profesi adalah bidang pekerjaan dengan keahlian tertentu sebagai sarana mencari nafkah hidup

Dilihat dari realitas saat ini, jelas bahwa profesi sebagi guru merupakan sarana untuk mencari nafkah hidup 

1 komentar: